Jumat, 12 April 2013

WEIRSHARK



PENGERTIAN WEIRSHARK
Wireshark adalah salah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang banyak digunakan oleh Network administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya. Wireshark banyak disukai karena interfacenya yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis.
FUNGSI DARI SOFTWARE WIRESHARK
 Wireshark digunakan untuk troubleshooting jaringan, analisis, perangkat lunak dan pengembangan protokol komunikasi, dan pendidikan. Wireshark banyak digunakan oleh network admin untuk menganalisa kinerja jaringannya. Wireshark mampu menangkap data/informasi yang melewati suatu jaringan yang kita amati. Dengan kata lain wireshark digunakan untuk mengetahui kejadian yang terjadi pada saat kita melakukan interaksi dengan internet. Dengan wireshark dapat dilihat proses pengiriman data dari komputer ke web yang dituju. Semua jenis paket informasi dalam berbagai format protokol pun akan dengan mudah ditangkap dan dianalisa. Karenanya tidak jarang tool ini juga dapat dipakai untuk sniffing (memperoleh informasi penting spt password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang lalu lalang di dalam jaringan dan menganalisanya . Wireshark dapat berjalan pada berbagai sistem operasi mirip Unix termasuk Linux, Mac OS X, BSD, dan Solaris, dan Microsoft Windows (Windows XP64 / Vista64 / Windows7 64). Data dapat dibaca dari sejumlah jenis jaringan, termasuk Ethernet, IEEE 802.11, PPP, dan loopback. Semasa jaringan masih menggunakan hub, para pemakai jaringan amat mudah ‘melihat’ isi percakapan dari para pemakai jaringan lainnya, karena teknologi hub memang masih bersifat shared. Shared yang dimaksud di sini adalah, walaupun komputer A hanya berbicara dengan komputer B, percakapan mereka dapat didengar oleh komputer C yang dicolokkan ke hub yang sama dengan A dan B. Masih teringat jelas saat bekerja di sebuah perusahaan yang memakai hub, dan di pagi hari penulis dapat meng-crack semua user password pada saat login ke NT Domain memakai software l0pthcrack. Dengan adanya switch, hal tersebut  tidak mungkin terjadi ( walaupun masih mungkin dilakukan dengan teknik-teknik seperti ARP poisoning ), karena teknologi switch membuat jalur virtual untuk komunikasi antar pemakainya.
Ada sebagian orang bertanya bagaimana caranya Apabila kita memang ingin meng-sniff jaringan di lingkungan switch,?Jawabannya sebagai berikut:
Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan proses port mirroring dari switch tersebut ke salah satu port di mana kita memasang software sniffer kita. Cuma saja, biasanya hanya product switch yang manage-able yang bisa melakukan hal ini. Jika switch kita memakai unmanaged, maka prosesnya akan lebih rumit .

Gambar di atas dapat dijadikan contoh kebanyakan jaringan yang ada, di mana biasanya network administrator menginginkan memonitor koneksi jaringan ke Internet. Maka yang dilakukan adalah melakukan ‘port mirroring’ pada link yang merah, dengan target mirror port adalah port tempat di mana wireshark dipasang. Tetapi, tentu saja untuk melakukan hal tersebut, network administrator harus mengkonfigurasi switch.  Bagaimana apabila tidak bisa mengotak-atik switch, atau switch tidak mendukung mirroring ? Salah satu jalan keluarnya adalah memasang hub. Memang  tidak mudah mendapatkan hub di saat-saat sekarang, karena di pasaran kebanyakan sudah tidak diproduksi lagi. Kelemahan lain dari penggunaan hub adalah jenis koneksi nya half duplex, bukan fduplex seperti pada switch. Ada juga solusi lain, seperti menggunakan network tap. Hanya saja, tidak banyak perusahaan yang mau membeli network tap untuk keperluan monitoring sesaat. Wireshark dapat diinstall di berbagai operating system, seperti Windows (32 bit atau 64 bit), OS X , Ubuntu,dsb. Penulis sendiri banyak memakai Wireshark pada Windows, dan pada saat proses instalasi, juga akan diinstal aplikasi WinPCap, yang merupakan driver-driver khusus yang akan dipakai pada Wireshark. Apabila kita tidak menginstall WinPCap, maka Wireshark tidak akan bisa berfungsi untuk capture packet melalui jaringan. Selama kita bisa mendapatkan paket langsung dari jaringan, dengan tools seperti wireshark, maka kita juga bisa memanfaatkan wireshark untuk ‘menyadap’ pembicaraan Voice over IP.
LANGKAH PRATIKUM
 Alat-alat yang digunakan
·         6 Laptop berisi aplikasi WireShark
·         1 Switch
·         6 Kabel Straight
  Langkah-langkah pengerjaan
·         Nyalakan semua laptop yang di gunakan, lalu sambungkan laptop pada Switch dengan menggunakan kebel Straight.

·         Isi IP Address pada laptop yang di gunakan, Misalkan :
1.      Laptop 1 : 192.168.1.20
2.      Laptop 2 : 192.168.1.21
3.      Laptop 3 : 192.168.1.22
4.      Laptop 4 : 192.168.1.23
5.      Laptop 5 : 192.168.1.24
6.      Laptop 6 : 192.168.1.24
# IP Address nya tidak harus sama seperti diatas, dan jumlah laptop nya juga bisa lebih, sesuai kebutuhan.
Setelah mengisi IP Address cek koneksi laptopnya, apakah ke-6 laptop sudah tersambung atau tidak. Buka RUN < windows+R > ketik IP Address tujuan, misalkan < ping 192.168.1.21>         < Enter > .setelah itu laptop yang kita gunakan akan  berhasil terhubung dengan laptop yang  ber-IP 192.168.1.21
  Selanjutnya, buka program Wireshark di laptop


 



 
·      

  Jalan kan printah ping, buka RUN ketik < ping 192.168.1.21 –t > enter, lalu lihat kembali Wireshark, pilih < Capture Options > , Setelah memilih Capture Options, atus pengaturannya, seperti berikut :
~  gambar di bawah menunjukan, untuk mengganti pilihan ke mode LAN.
Centang < Enable network name resolution >


·    



    Tekan < Start >

·         Kita coba Share File, untuk melihat cara kerja WireShark. Misalnya kita share folder yang bernama < qwerty46 > ke laptop berm-IP < 192.168.1.21 > .Setelah di terima, cek pada WireShark. Wireshark akan membaca folder < qwerty46 >.
                        Seperti gambar di bawah ini, yang di lingkari !
                      ~ 290 Create Request File: adhy\Desktop\qwerty46


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar